Kamis, 20 Oktober 2011

Fisiologi hati

·         Organ hati
                Organ hati, adalah organ yang paling banyak bekerja dalam tubuh kita. Hati, Liver, atau Hepar ini terletak di bagian belakang Iga.
Organ ini berbobot 1/36 berat badan orang dewasa, sekitar 1.200-1.600 gram. ukuran hati Normal adalah sebesar telapak tangan orang itu atau sekitar 7-10 cm
                Hati memiliki 2 Lobus, Yaitu Lobus kanan juga Kiri. Lobus kanan adalah bagian terbesar, sedangkan Lobus kiri kecil. di antara Lobulus (interlobular) terdapat saluran empedu dan kapiler bernama Sinusoid yang merupakan cabang dari Vena Porta dan arteria Hepatika. Sinusoid dibatasi oleh sel Kupffer yang merupakan sistem retikuloendotelial dan mempunyai fungsi menelan bakteri serta benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Pada orang dewasa, darah mengalir setiap menit ke hati yaitu 1.200-1.500 ml.
·         Fungsi organ hati

                Organ ini merupakan metabolism tubuh yang sangat banyak fungsinnya untuk bertahan hidup, hati memiliki cadangan yang besar, hanya dengan 10%-20 jaringan hati masih bisa mempertahankan hidup pemiliknnya. Hati memiliki kemampuan regenerasi (menggantikan jaringan mati dengan yang baru). pengangkatan segaian jaringan hati rusak akibat penyakit akan cepat diganti dengan yang baru. Hati memiliki 4 Fungsi utama:
1.       Berfungsi sebagai pembentukan dan eksresi Empedu
2.       berFungsi sebagai metabolic
3.       Berfungsi sebagai pertahan tubuh
4.       berfungsi sebagai Vaskuler
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar